Tips Lindungi dan Mengamankan Data di Cloud Computing

kegunaan cloud computing, manfaat cloud computing, tips mengamankan data di cloud computing

Selain lebih aman, metode penyimpanan data lewat cloud computing banyak yang gratis sehingga menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mengamankan dokumen mereka, sekedar info Cloud Computing adalah sarana menyimpan file di internet lewat penyedia cloud computing, file tersebut kita upload yang suatu saat bisa kita akses kembali dengan mendownloadnya tanpa dikenakan biaya tambahan kecuali koneksi internet yang dipakai.

Dropbox, SkyDrive bahkan Gmail telah dijadikan sarana untuk mengamankan data.

Meski sistem keamanan untuk fasilitas penyimpanan data di cloud ini tergolong sangat canggih, bukan berarti Anda dapat menjamin keselamatan data Anda begitu saja.

Simak tips berikut ini untuk memperkuat keamanan data di cloud:

1. Gunakan password dan pertanyaan keamanan yang unik

Idealnya, username dan password harus berbeda di setiap layanan internet yang Anda gunakan. Gunakan simbol dan angka untuk meningkatkan kerumitan kata sandi Anda. Pertanyaan keamanan juga tidak boleh dianggap remeh, sebisa mungkin ciptakan pertanyaan khusus yang jawabannya hanya diketahui oleh Anda sendiri.

2. Lakukan enkripsi jika memungkinkan

Software enkripsi akan mengacak informasi data Anda sehingga tidak dapat dibaca oleh orang lain jika ia tidak memasukkan kata sandi tertentu. Penggunaan enkripsi memang sangat meningkatkan keamanan, namun Anda harus terus mengingat kata sandi untuk membuka enkripsi tersebut karena jika Anda lupa, data Anda akan tidak bisa diakses.

3. Jika tersedia, gunakan fasilitas two-factor authentication

Otentikasi ganda memerlukan username dan password serta kode khusus yang dikirimkan ke perangkat lain seperti handphone ketika Anda ingin membuka data tersebut. Meski cukup efektif, cara ini cukup merepotkan terutama bila Anda lupa membawa handphone Anda.

4. Lakukan back up

Biasanya orang justru melakukan back up data ke cloud, namun jika data tersebut benar-benar penting, tetap lakukan back up lokal di hard disk atau CD.

5. Hapus data jika Anda sudah tidak memerlukannya lagi

Jangan terjebak dengan fasilitas unlimited storage sehingga Anda membiarkan semua data tidak terurus di layanan bloud. Segera hapus data yang mengandung informasi penting dan pribadi agar apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, data pribadi Anda tidak disalahgunakan atau disebar di internet.

6. Tetap waspada

Gunakan antivirus untuk mencegah malware yang akan mencuri data-data Anda. Jangan meng-klik link sembarangan atau membuka attachment yang mencurigakan di email Anda. Intinya, tetaplah waspada saat menggunakan internet.

Itulah beberapa Tips melindungi data yang tersimpan di Cloud Computing/komputasi berbasis awan, semoga bermanfaat buat kita semua.

sumber kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s